Dorong Panti Asuhan Mandiri Ekonomi, LDII Kalbar Tanam Ribuan Pohon

Kalimantan Barat  16/4/2022 :  Berdiri diatas lahan seluas 5 hektar, Panti Asuhan Amal Jariyah Rasau Jaya Kubu Raya Kalimantan Barat didorong untuk bisa menjadi panti asuhan yang mandiri secara ekonomi.

“Sangatlah tepat apabila para anak yang tinggal di panti, dididik dan dibekali ilmu pertanian. Lahan yang cukup luas ini bisa dikelola menjadi sentra hortikultura,” ujar Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto saat melakukan penanaman ribuan pohon produktif di kawasan panti asuhan, bersama jajaran pengurus LDII Kubu Raya dan juga hadir Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Erry Iriansyah, Jum’at 15 April 2022.

Pohon yang ditanam diantaranya Jengkol, Petai, Sirsak dan Pinang sebagai wujud konkrit dukungan LDII Kalbar kepada Panti Asuhan. “Lahan yang dikelola dan ditanami pohon produktif, diyakini akan menjadi sumber ekonomi bagi lembaga panti. Pohon-pohon yang kita tanam ini insya Allah akan menjadi sumber pendapatan bagi panti, dan tidak menutup kemudian akan mandiri secara ekonomi,” tegasnya.

Secara organisatoris, LDII Kalbar bersedia dan senang diajak kolaborasi,  mengingat ini bisa mendatangkan kemaslahatan. “Prinsipnya kami dari LDII senang jika diajak kolaborasi. Karena ini bagian dari pengabdian dan insya Allah akan mendatangkan kemaslahatan,” kata Susanto.

Lanjutnya jika dilihat peluang ada lingkungan Panti Asuhan bisa juga diarahkan untuk menjadi destinasi wisata. “Saya punya keinginan  kawasan ini bisa diproyeksikan menjadi destinasi wisata agro. Sungguhpun ini program panjang tidak salahnya untuk direncanakan atau dimulai,” imbuh dia.

Sedangkan, Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Erry Iriansyah merasa haru dengan kehidupan anak-anak panti asuhan yang ada di Amal Jariyah. “Saya baru pertama kali sampai disini, namun haru dengan semangat anak-anak panti. Mereka dari golongan yang kurang mampu tapi semangatnya patut diapresiasi,” katanya

Dilihat dari lokasi keberadaan Panti Asuhan memang jauh dari kawasan pemukiman, tetapi ada tersimpan potensi yang luar biasa. “Saya setuju dengan gagasan LDII Kalbar yang mendorong lembaga Panti Asuhan ini bisa mandiri ekonomi dengan pengembangan hortikultura,” tegas Erry yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kubu Raya ini.

Dirinya juga berjanji akan  secara intens melakukan komunikasi dengan pihak pengelola. “Insya Allah silaturahim ini akan berkelanjutan sehingga bisa memberikan kemanfaatan untuk lembaga,” ujarnya.(Rully Kuswahyudi)

About wag. gino

Check Also

Pos PAM Senkom Mitra Polri Bantu Pengamanan Lebaran Hari Raya Idul Fitri

Gunungkidul, 9/4/2024. Arus mudik lebaran H-2 jalur menuju kota Wonosari tepatnya Bunderan  Siyono Kapanewon Playen …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *