DPD LDII dan Kejaksaan Negeri Gunungkidul Gelar Penyuluhan Hukum dan 4 Pilar Kebangsaan

dok.lines
dok.lines

Gunungkidul, 30/3/2023,  DPD LDII Gunungkidul dan Kejaksaan Negeri  melaksanakan Penyuluhan Hukum dan 4 Pilar Kebangsaan. Penyuluhan tersebut berlangsung di aula kantor Kejaksaan Negeri Gunungkidul Kamis (30/3)

.Hadir dalam kesempatan tersebut sekaligus sebagai narasumber  Kepala Kejaksaan Negeri Gunungkidul, Rinaldi Umar SH. MH. beserta Kasi Intel Kejaksaan Negeri Gunungkidul, Herman Hidayat, SH. MH. Adapun peserta yang dihadirkan dalam penyuluhan ini adalah segenap jajaran Pengurus Harian DPD LDII, Dewan Penasehat, serta Ketua dan Sekretaris PC LDII se-Kabupaten Gunungkidul.

Kejaksaan Negeri dan LDII Gunungkidul Bahas Keseimbangan Hukum di Indonesia

Kepala Kejaksaan Negeri, Rinaldi Umar memaparkan terkait UUD RI Nomor 1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Bagaimana KUHP di Indonesia ini sebelumnya masih menggunakan KUHP tinggalan Belanda.

Peserta Penyuluhan Hukum Kejaksaan Negeri Gunungkidul, Wanhad DPD LDII, Ketua dan Pengurus Harian DPD serta Pimpinan Cabang (PC) LDII se-Kabupaten Gunungkidul
Peserta Penyuluhan Hukum Kejaksaan Negeri Gunungkidul, Wanhad DPD LDII, Ketua dan Pengurus Harian DPD serta Pimpinan Cabang (PC) LDII se-Kabupaten Gunungkidul dok.lines.

“Mengenai  keberadaan hukum di Indonesia, saat ini kita sudah merdeka selama 77 tahun masih menggunakan tinggalan kolonial Belanda, yang mana di Belanda sendiri sudah tidak diberlakukan. Baru tahun ini kita bisa buat KUHP sendiri dengan terbitnya UU RI Nomor 1 Tahun 2023,” jelas Rinaldi Umar.

Ia melanjutkan, adanya penyusunan KUHP di Indonesia ini tentu juga masih mengalami pro dan kontra. “KUHP ini masih saja ada pro dan kontra, karena cara pandang masing-masing,” sambungnya.

“Hukum pidana nasional misalnya harus mengatur keseimbangan antara kepentingan umum dan kepentingan individu, sedangkan antara perlindungan terhadap pelaku tindak pidana dan korban tindak pidana, begitu pula  unsur perbuatan dan sikap batin, antara kepastian hukum dan keadilan, antara hukum tertulis dan hukum yang hidup dalam masyarakat, antara nilai nasional dan nilai universal,  antara hak asasi manusia dan kewajiban  asasi manusia,” papar Rinaldi.

Komunikasi Itu Penting dalam Menjalankan Program kegiatan Pengabdian Masyarakat.

Ketua DPD LDII Kabupaten Gunungkidul, Wahono Budi Rustanto, S.Pd. dalam kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih kepada Kejaksaan Negeri Gunungkidul yang telah memberikan fasilitasi dan berjalannya komunikasi antara kita dengan Kejaksaan Negeri Gunungkidul. Ia juga menyampaikan bahwa penyuluhan ini merupakan tindaklanjut dari komunikasi LDII dengan Kejaksaan Negeri Gunungkidul pada 1 November 2022 dan kunjungan kerja Kasi Intel Kejaksaan Negeri di Kantor Sekretariat DPD LDII Gunungkidul pada 9 Februari 2023 yang lalu,” ungkap Wahono.

Ketua DPD LDII Gunungkidul Wahono Budi Rustanto menerima cindera mata dari Kepala Kejaksaan Negri Gunungkidul Rinaldi Umar, SH,MH.
Ketua DPD LDII Gunungkidul Wahono Budi Rustanto menerima cinderamata dari Kepala Kejaksaan Negri Gunungkidul Rinaldi Umar, SH,MH.

Lebih lanjut Kepala SMP.N 1 Girisubo ini juga memaparkan kinerja DPD LDII Gunungkidul yang telah menjalin komunikasi yang baik dengan berbagai pihak. “DPD LDII Kabupaten Gunungkidul terus melakukan komunikasi berbagai pihak, baik dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemerintah, tokoh ormas maupun berbagai lembaga lainnya,” terangnya.

Ia juga menyampaikan  kontribusi LDII dalam melaksanakan program kegiatan pengabdianI terhadap masyarakat, bangsa dan negara sangat diperlukan sekali dengan berbagai macam komunikasi. Dengan komunikasi secara intens harapnya akan terjalin persaudaraan, mendekatkan jarak sosial, saling memahami dan kerjasama sebagaimana sekarang ini,” tambah Wahono

Ketua DPD LDII Gunungkidul ini juga berharap, kerjasama Kejaksaan Negeri dan LDII Gunungkidul tidak berhenti pada kegiatan ini saja. Ia berharap akan terus ada tindaklanjut dengan kerjasama yang produktif serta berkesinambungan.(contributor Arum fahmi)

About wag. gino

Check Also

LDII dan Ormas Islam Bangun Komunikasi Pererat Persaudaraan

Gunungkidul, 9/4/2024 , Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Gunungkidul intensifkan kerjasma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *