“Kemenag Gunungkidul Undang LDII“ Sosialisasikan Penguatan Moderasi Beragama

Peserta Sosialisasi Penguatan Moderisasi Beragama di PLHUT Kemenag Gunungkidul (dok/lines)

Gunungkidul, 16/6/2024, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul selenggarakan Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama Bagi Ormas Keagamaan Tahun 2024 di Aula Gedung PLHUT, Kamis (13/6/2024).

Dalam kesempatan tersebut perwakilan LDII hadir Sekretaris DPD LDII Kabupaten Gunungkidul H.Wasito, S.Pd,MPd didampingi H.Ir.Muh.Angwar, M.Si serta Ust.Sopyan Jailani dari bidang dakwah (*).

Sambutan, PLH Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul H.Supriyanto,S.Ag menjelaskan  Kabupaten Gunungkidul memiliki 18 kapanewon yang disetiap kapanewonnya memiliki berbagai macam paham yang berbeda. “Dengan demikian tidak menutup kemungkinan perbedaan-perbedaan yang ada di lapangan akan selalu berkembang sehingga timbul pemahaman-pemahaman yang berbeda pula dan hal tersebut dimungkinkan akan terjadi sebuah konflik internal maupun eksternal. Oleh karena itu kita harus menjalani kehidupan dengan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila,” tutur Supriyanto.

Menurut Supriyanto, penguatan moderasi beragama melalui ormas keagamaan perlu dilakukan, harapannya ormas keagamaan dapat menjadi garda depan dalam upaya menyampaikan nilai-nilai moderasi beragama kepada umat atau warganya masing-masing.

“Bagi umat Islam didalam suatu kegitan pengajian dan sejenisnya diharapkan dapat membantu memberikan materi atau menyisipkan materi pembinaan tentang nilai-nilai moderasi, begitu pula yang lain seperti Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, hal ini dilakukan  untuk menyampaikan dan menginformasikan yang sekiranya bisa membantu menyampaikan nilai-nilai moderasi beragama,” jelas Supriyanto.

Sebelumnya, Plh. Kasubag TU Faqih Shomadi selaku Ketua Penyelenggara menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan ini untuk menguatkan pengetahuan dan pemahaman serta mewujukan kerukunan dari organisasi keagamaan yang ada adapun pelaksanaan kegiatan ini menghadirkan 30 peserta dari lintas agama yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Secara terpisah ketua DPD LDII Kabupaten Gunungkidul Wahono Budi Rustanto mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul dan telah mengundang LDII untuk ikut serta dalam sosialisasi penguatan moderasi  beragama ungkapnya”.(red/ginowe)

About wag. gino

Check Also

“DPD LDII Gunungkidul “ Berkurban Tingkatkan Ketakwaan Kepada Allah dan Cinta Kasih Sesama

Gunungkidul, 19/6/2024. Penyembelehan hewan kurban warga LDII dilakukan serentak hari  Senin, 17/6/2024 baik ditingkat PAC,PC …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *