Hari Menanam Pohon Indonesia, LDII Menanam Pohon Filosofi

Yogyakarta (29/11) Gerakan warga LDII Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon Nasional, LDII menggelar launching penanaman pohon di kawasan pantai selatan. Kegiatan ini dipusatkan di Bumi Perkemahan Dewa Ruci, Srandakan Bantul, DIY pada hari Minggu (28/11/21). Penanaman pohon merupakan salah satu dari 8 program kerja LDII tentang pangan dan lingkungan hidup.
DIY merupakan provinsi pertama yang dipilih oleh DPP LDII sebagai tempat penenaman pohon, yang selanjutnya akan diikuti provinsi lain seluruh Indonesia. Adapun bibit pohon yang ditanam di areal tersebut terdiri dari pohon buah dan pohon ecoprint (pohon warna). Pohon buah antara lain : pohon mangga (Magnifera Indica), pohon sirsak (Annora Muricata), pohon durian (Durio) , pohon jambu air (Syzygium Aquem) dan pohon kepel (Stelechocarpus Burahol). Pohon kepel inilah yamg merupakan pohon dilosofi, karena di masa lalu buahnya digemari oleh Putri Keraton dengan berbagai khasiat di dalamnya.
Adapun pohon ecoprint berupa Lanang (Oroxylum indicum), Kalpataru (Ficus religiosa), Red Panama (Hibiscus acetosella), Kenikir (Cosmos sulphureus). Jarak Kepyar Merah (Ricinus communis L.), Truja (Peristrophe bivalvis), Ketepeng Kebo (Cassia alata) dan Handeuleum / daun Ungu / daun ambeien (Graptophyllum pictum).
Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Umum DPP LDII Ir. KH. Chriswanto Santoso, M.Sc., Ketua DPW LDII DIY Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D., Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY H. Djarot Margiantoro, S.TP., M.Sc., Ketua Umum MUI DIY Drs. KH. Abdurrahman, Badan Kesbangpol DIY, BPDASHL Serayu Opak Progo, Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DIY Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Waka Binawasa) Suraji Widarta, S.Pd., Wakil Ketua Pimpinan Saka Wanabakti DIY Jaka Suryanta, S.Hut., M.Ec.ev., MA., Majelis Pembimbing Saka Bahari Bantul Sarjito LMT, para Ketua DPD LDII Kabupaten/Kota, dan Pimpinan Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara (SPN)
Pemerintah DIY yang diwakili Kepala Bina Mental Spiritual Setda DIY, Djarot Margiantoro, STP, M.Sc, mengapresiasi kegiatan ini. “Mari kita terus bergerak, karena gerakan amal shalih menjadi sebab datangnya barakah dari langit dan bumi”, ungkap Djarot mengakhiri sambutannya. Pada kesempatan itu Ketua Umum DPP LDII Ir. KH. Chriswanto Santoso, M.Sc., mengucapkan terima kasih kepada DPW LDII DIY yang telah mempelopori penghijauan ini diharapkan kegiatan ini menjadi penyemangat dan pelopor bagi masyarakat jelasnya.
Kegiatan ini mengambil tema “Pohon Sebagai Sumber Kehidupan dan Penghidupan”. Selain itu di hadapan peserta yang hadir, Ketua DPW LDII DIY Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D menerangkan panjang lebar berkaitan manfaat dari berbagai tanaman, bahwa pohon dapat menghasilkan oksigen yamg dibutuhkan semua makhluk hidup. Selain itu, dengan pohon juga dapat menghasilkan uang pungkasnya.

About wag. gino

Check Also

LDII dan Ormas Islam Bangun Komunikasi Pererat Persaudaraan

Gunungkidul, 9/4/2024 , Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Gunungkidul intensifkan kerjasma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *